Tekla Structures Tutorial 1 : Membuka dan mengatur posisi tampilan.

Hasil gambar untuk tekla structures logo



Tekla Structures merupakan aplikasi modeling 3D yang digunakan untuk membuat suatu model struktur bangunan dengan detail bangunan berdasarkan ukuran, bentuk, dan material yang digunakan.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kalian dapat daftar terlebih dahulu disitus resminya, kemudian kita dapat mendownloadnya.
Apabila, telah daftar, kemudian download dan instal, silahkan ikuti langkah-langkah berikut yang telah saya tulis.

Tutorial pertama yaitu berupa bagaimana mengatur, memposisikan dan memilih obyek pada aplikasi tersebut.


Langkah 1 : Membuka Aplikasi Tekla Structures

1.) Langsung klik Icon atau Shorcut Tekla Structures yang ada di desktop, apabila tidak ada, cari pada Windows Star.

2.) Tunggu beberapa saat, akan muncul tampilan berikut :


Pilih Environment : South-East Asia (apabila belum ada, silahkan download dari situs resminya)
Pilih Role : All
Pilih Configuration : Educational

Kemudian Pilik OK.


3.) Kemudian, akan muncul tampilan seperti berikut :


Lalu pilih New Model, dan Create, kemudian tunggu beberapa saat.




Langkah 2 : Mengatur tampilan

1.) Sesudah membuat model baru, akan muncul tampilan berikut :


Berikut adalah keterangan dari gambar tampilan Tekla Structures (lihat berdasarkan hurufnya) :

A.) Merupakan Grid atau garis yang akan menjadi acuan kita saat menggambar

B.) Kotak bergaris warna hijau yang besar ini merupakan area kerja atau area gambar kita. Kita hanya bisa melihat bagian yang hanya ada didalam kotak tersebut. Namun, apabila kita menggambar lebih dari kotak tersebut, komponen atau bagian gambar tersebut akan tetap ada namun tidak dapat kita lihat. Kita juga dapat memperluas area kotak tersebut.

C.) Kubus kecil yang ada di pojok yang disertai dengan tiga koordinat x, y, z merupakan acuan kita saat memulai suatu proyek.

D.). Merupakan penunjuk koordinat yang menjadi acuan pada tampilan gambar 3d yang ada.

E.) Merupakan kotak pencari apabila kita memerlukan suatu perintah.

F.) Bagian ini kita sebut dengan Ribbon. Ribbon terdiri atas berbagai macam perintah dan fungsi lainnya yang akan kita gunakan ketika kita membuat suatu model proyek kita.

G.) Status Bar, yaitu suatu komponen yang akan memberitahu dan membantu kita selama melakukan proyek.

H.) File menu, seperti software lainnya, fungsinya sama.

I.) Right pane, dimana pada menu ini kita dapat menambahkan referensi model dan komponen.

J.) Selection Switches, pada bagian ini, kita dapat mengontrol obyek yang akan kita pilih.

K.) Snap Switches, pada bagian ini, terdapat kontrol yang dapat mengatur posisi dan titik untuk membuat suatu obyek.


2.) Pengaturan pada Mouse.
Pada Mouse atau kursor, terdapat beberapa perintah, yaitu :

A.) Zoom in dan Out
Untuk melakukan perintah Zoom in maupun Out, kita dapat memainkan mouse wheel saja, seperti aplikasi modelin pada umumnya.

B.) Rotate
Untuk melakukan Rotate/memutar tampilan, terdapat beberapa perintah :
-) Untuk melakukan putaran, tekan CTRL + tekan Mouse Wheel, lalu geser mouse.
-) Untuk memindahkan titik putaran, tekan V, kursos akan berubah menjadi warna hijau, lalu klik ditempat yang kita inginkan.

C.) Menggeser
Untuk menggeser tampilan, cukup dengan menekan mouse wheel, lalu geser mouse ke arah yang diinginkan.


Langkah 3 : Koordinat
Dalam sistem koordinat pada Tekla Structures, ada dua yaitu Local Coordinate Symbol dan GLobal Coordinate System, berikut penjelasannya :

A.) Local Coordinate System
Sistem koordinat ini mengacu pada tiga arah (X, Y, Z). Sistem Koordinat ini ditunjukkan pada simbol koordinat yang ada pada pojok kanan bawah (liat simbol D pada langkah 2).

B.) Global Coordinate System
Sistem koordinat ini mengacu pada kubus hijau kecil pada titik nol (lihat huruf C pada langkah 2).



Nah, sekian dahulu untuk tutorial awalnya, untuk Modelingnya, dilanjutkan ke tutorial yang kedua.

Komentar

Postingan Populer