Pembahasan Jurusan Teknik

Apa itu Jurusan Teknik ?
Ya, kali ini saya akan membahas mengenai Jurusan Teknik. Bagi para siswa SMA kelas 3 yang akan menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi, mungkin tidak asing lagi mengenai jurusan-jurusan teknik. Jurusan Teknik pun terbagi dalam berbagai cabang. Namun, sebelum membahas cabang-cabang jurusan teknik, saya akan menjelaskan dahulu apa itu teknik secara umum.



Teknik atau dalam yaitu bahasa Inggris Engineering, merupakan ilmu terapan teknologi dan metode matematika yang digunakan untuk membantu, mempermudah dan menyelesaikan suatu permasalahan manusia. Nah, apabila kalian masih belum jelas apa itu teknik, saya akan memberi contoh suatu hasil peenrapan ilmu dibidang teknik. 
Nih contohnya, siapa sih yang tidak tahu apa itu tangga ? Iyah tangga bangunan atau tangga dirumah. Tangga digunakan untuk mempermudah kita berpindah tempat yang berbeda elevasi atau ketinggian. Lalu kenapa bentuknya harus seperti itu ? Kenapa permukannya gk rata aja ? kenapa harus ada anak tangga ?
nah disitu lah kalau bahasa saya, 'Feel of Engineering' nya dapet. Coba kalian naik panjat pagar rumah kalian hanya dengan membentangkan papan, lalu naiki, sulit bukan ? itu karena permukaannya rata. Tangga dibentuk memiliki anak tangga agar kalian dapat naik maupun turun dengan mudah.
Contoh hal lain yang sangat kecil ? Coba bandingkan, lebih mudah mana mendorong meja yang memiliki roda atau meja yang tidak memiliki roda ? Pasti lebih mudah yang memiliki roda bukan.
Lalu, bagaimana manusia bisa memiliki pemikiran mengenai hal tersebut ? Mari kita bahas mengenai sejarah dunia teknik.



Sejarah teknik secara umum

Nah, kalau membahas mengenai sejarah, saya sudah membaca dan memahami asal muasal dasar pemikiran dunia teknik. Menurut saya pribadi, akar dari dunia teknik yaitu adalah Akal Pikiran manusia. Manusia telah dianugerahi akal pikiran oleh Tuhan YME. Oleh karena itu, kemampuan dan dasar pemikiran tersebut telah ada sejak manusia diciptakan. 

Mari kita tarik ulur pada masa pra-sejarah. Sadar atau tidak, kalau manusia purba sendiri sudah memiliki dasa pemikiran teknik lho. Lihat saja bagaimana manusia purba dahulu membuat berbagai peralatan masak, membuat tempat tinggal bahkan alat yang digunakan untuk menyeberangi sungai bahkan laut (sesuai dengan lagu 'Nenek Moyangku Seorang Pelaut' hehehe). Nah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa lampau, bahkan sebelum memasuki tahun masehi, lahirlah Piramida, Patung Zeus, dan bangunan keajaiban dunia lainnya.
Semakin maju perkembangan ilmu pengetahuan, tibalah cabang-cabang dunia teknik. Fokus ilmu pengetahuan semakin banyak, lahir pula para Ilmuwan diberbagai bidang ilmu pengetahuan, enggak hanya dibidang teknik saja, tapi juga dibidang astronomi dan kedokteran atau biologi serta kimia dan ilmu SAINS lainnya. Nah sudah jelas bukan, tanpa menjelaskan siapa saja ilmuwan tersebut karena  banyak sekali hahaha, jadi langsung saja kita ke pembahasan, apa saja cabang-cabang ilmu teknik.



Cabang dasar dunia Teknik

Berkembangannya Ilmu pengetahuan melahirkan berbagai cabang teknik (Engineering). Berikut adalah cabang-cabang utama dalam dunia teknik :

1.) Teknik Sipil (Civil Engineering)
Hasil gambar untuk civil engineeringCivil Engineering atau Teknik Sipil adalah jurusan atau cabang ilmu dalam dunia teknik yang tertua. Sebelumnya, Teknik Sipil ini bukanlah teknik yang mempelajari warga atau masyarakat sipil lho, sebab Teknik sipil mempelajari bagaimana cara mendesain atau merancang, membangun, merawat atau merenovasi berbagai macam gedung, infrastruktur serta lainny yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
Apa saja yang di pelajari dalam Teknik Sipil ?
Teknik Sipil mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan mulai dari matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, komputer dan lingkungan. Nah dalam dunia teknik sipil juga, terbagi dalam berbagai cabang illmunya yaitu meliputi :
a.) Struktural
b.) Hidrologi
c.) Geoteknik
d.) Transportasi
e.) Lingkungan
f.) Pemrograman


2.) Teknik Mesin
Hasil gambar untuk mechanical engineering
Teknik mesin merupakan salah satu cabang teknik. Namun, karena saya bukan mahasiswa jurusan teknik mesin, saya akan membahasnya secara umum saja. Teknik mesin mempelajari segala atau sistem permesinan, manufaktur, seperti sistem energi, Aeronautika, sistem senjata, transportasi atau biasa disebut otomotif.






3.) Teknik Elektro
Hasil gambar untuk electrical engineering
Teknik Elektro mempelajari, mendesain dan mengatur segala hal yang berkaitan dengan sistem elektrikal. Yang dipelajari oleh cabang ilmu tidak kalah banyak juga, mulai dari alat-alat elektronika yang berarus rendah, hingga sistem-sistem elektrikal yang bertegangan tinggi. Mereka juga mempelajari mengenai sistem Telekomunikasi, instrumentasi serta sistem komputer.


4.) Teknik Kimia
Hasil gambar untuk chemical engineering
Cabang ilmu teknik berikutnya adalah Teknik Kimia. Teknik kimia merupakan pengaplikasian atau penerapan ilmu fisika, kimia, biologi dan ilmu lainnya yang berkaitan dengan kimia.

5.) Cabang ilmu teknik lainnya.
Selain beberapa cabang ilmu teknik yang saya sebutkan diatas, ada beberapa disiplin ilmu lainnya juga.

Komentar

Postingan Populer