Tekla Structures Tutorial 2 : Basic Modeling 1

Hasil gambar untuk tekla structures logo

Pada postingan saya yang pertama mengenai Tutorial Tekla Structures, saya telah membahas mengenai tampilan. Sekarang saya akan memulai dengan membuat model bangunan sederhana (sangat sederhana hehehe) dalam bentuk 3D.

Untuk memulainya, kita dapat dengan cara membuka Tekla Structures seperti biasanya.



Untuk Setting-nya, saya menggunakan setting seperti gambar yang saya upload, apabila belum mengunduh Environmentnya, bisa diunduh langsung di situs resmi Tekla. Nah, untuk langkah berikutnya, kita masuk ke langkah pertama.

Langkah 1 : Perkenalan awal modeling

A.) Setelah itu, New Model untuk membuat proyek baru, lalu klik Create.



B.) Penjelasan mengenai Ribbon
Ribbon merupakan menu utama yang terdiri dari bermacam-macam perintah, mulai dari komponen-komponen bangunan, perintah edit, perintah view(tampilan) hingga analisis. Berikut penjelasannya serta gambarnya :


-) Steel : merupakan menu komponen bangunan berupa Baja. Pada menu ini terdapat berbagai komponen bangunan yang berbahan dasar Baja.

-) Concrete : merupakan menu komponen bangunan  berupa beton. Pada menu ini terdapat berbagai komponen bangunan berbahan dasar beton.

-) Edit : Pada menu ini, terdapat berbagai macam perintah pengaturan gambar seperti membuat potongan, mengatur garis, dll.

-) View : Pada menu ini, kita dapat mengatur tampilan kerja kita.

-) Drawing and reports : Pada menu ini, kita dapat mengatur obyek gambar kita.

-) Manage : Untuk bagian menu yang ini, saya masih belum tahu fungsinya, karena saya juga masih dalam tahap pembelajaran Tekla Structures ini. Namun, kedepannya saya akan memperbaharui mengenai penjelasan menu Manage ini.

-) Analysis and design : pada menu ini, kita dapat melakukan perhitungan beban. Kita juga dapat menghubungkan aplikasi Tekla Structures ini dengan SAP2000.

Komentar

Postingan Populer